top of page

Tips Memilih Skincare

Apa itu Skincare?


Secara harfiah, skincare terdiri dari dua kata yaitu skin (kulit) dan care (peduli). Jika diartikan skincare adalah perawatan dan pengobatan kulit karena peduli dengan kesehatan dan kondisi kulit. sehingga dapat diartikan bahwa skincare adalah segala macam produk yang berfungsi untuk merawat atau mengobati kondisi kulit. secara umum, produk skincare yang banyak bertebaran adalah untuk merawat kulit wajah. namun ada juga produk skincare untuk kulit tubuh lainnya dari kepala sampai kaki, bahkan sampai bagian organ intim.


Efek Skincare tidak se-instan Indomie


Dalam penggunaannya, tiap produk skincare memiliki target atau tujuan tersendiri. misalnya, untuk mengobati jerawat yang meradang, menghilangkan bekas jerawat, menghaluskan kulit, mencerahkan, mencegah kerutan dan lain-lain. Sehingga efek penggunaan skincare tidak dapat kita rasakan secara instant. Ada yang efeknya baru kita rasakan 1 minggu setelah menggunakan, atau 1 bulan, bahkan tahunan. misalnya, di wajah kamu timbul jerawat meradang, lalu kamu oleskan krim skincare untuk mengobati jerawat itu, jerawatnya tidak akan langsung sembuh seketika, minimal 2-3hari kamu baru akan melihat efek dari krim yang kamu pakai. Jadi jangan berharap kamu akan merasakan hasil penggunaan skincare secara instant.


Skincare, aset jangka panjang


Penggunaan skincare sebenarnya merupakan aset jangka panjang yang mestinya kamu mulai sebelum timbulnya masalah-masalah kulit seperti timbulnya kerut di dahi atau flek hitam. Masalah kulit tersebut biasanya akan timbul di umur 35 tahun ke atas. Menurutku, agak terlambat jika kamu baru mulai menggunakan skincare di umur 30an. Akan berbeda hasilnya jika kamu mulai menggunakan skincare dari umur 20an. Jika kamu sudah mulai menggunakan skincare dari umur 20an, efeknya akan kamu rasakan di umur 30an.


Dalam memilih produk skincare yang akan kamu pakai juga harus diseleksi terlebih dahulu. Berikut adalah tips dalam memilih skincare:


Mulailah dari mengenali jenis kulit wajahmu. Tiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Ada yang berminyak, kering, sensitif, atau kombinasi. Tiap produk skincare juga ditujukan untuk jenis kulit yang berbeda. Tujuannya agar tidak terjadi iritasi yang akan memperparah kondisi kulitmu.


Kenali masalah kulit wajah yang kamu alami. Kamu harus tau pasti "Diwajahku ini ada masalah kulit apa saja ya?". Perhatikan baik-baik wajahmu. Masalah kulit wajah yang sering dialami adalah, jerawat dan bekasnya, komedo, pori-pori besar, kulit kering, kulit berminyak, dan wajah kusam. Ini bertujuan agar kamu membeli skincare sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Setelah kamu paham betul tentang kondisi kulit wajahmu, carilah info sebanyak mungkin tentang berbagai merk skincare. Telaah terlebih dahulu tentang terbuat dari bahan apa skincare-nya, fungsinya untuk apa, dan efek dari penggunaannya. Carilah sebanyak mungkin testimoni orang-orang yang sudah pernah memakainya. Kamu bisa mencari testimoni dari beauty blogger di youtube dan instagram. Dari situ kamu akan tau skincare mana yang kira-kira nantinya cocok untuk merawat kulitmu.


Jika kamu sudah mencari info dan sudah memutuskan skincare mana yang akan kamu beli, mulailah dengan membeli skincare dalam bentuk trial kit. Hal ini bertujuan agar kamu dapat observasi terlebih dahulu apakah skincare-nya cocok atau malah memperparah kondisi kulit wajahmu. Selain itu, kamu jadi lebih irit jika nantinya ternyata skincare-nya tidak cocok. Sebisa mungkin jangan terlalu bernafsu membeli paketan produk skincare kemasan normal.


Setelah kamu membeli produk skincare-nya, gunakan produk sesuai dengan anjuran pakai. Serta gunakan secara teratur. Jika dalam pemakaian terjadi iritasi, kemerahan, rasa panas, atau alergi, hentikan penggunaannya.




Jika ternyata skincare yang kamu beli tidak cocok, carilah lagi info tentang produk skincare lainnya. Mencari produk yang sesuai memang cocok-cocokan. Harus trial and eror. Harus dicoba agar tahu efeknya. untuk itu kamu jangan menyerah pada satu produk saja. Selamat mencari skincare-mu. Semoga tips ini bermanfaat :)


Note : semua gambar berasal dari google dan diedit menggunakan aplikasi edit foto di handphone

bottom of page