top of page

Kenapa Harus Maskeran?


Masker wajah adalah adalah salah satu produk perawatan wajah yang memiliki fungsi tertentu dan dipakai secara berkala. Berdasarkan bentuk atau teksturnya, masker dibagi menjadi 3 jenis yaitu: gel, pasta (krim), dan bubuk. Biasanya masker yang berbentuk gel atau pasta, dapat langsung dipakai diwajah. Sedangkan masker yang berbentuk bubuk, harus dicampurkan dengan bahan-bahan tertentu untuk melarutkan maskernya.



Berdasarkan cara membersihkannya, masker dibagi menjadi masker wash off (setelah digunakan kita harus membilasnya dengan air) atau masker peel off (masker yang dapat dikelupas). Fungsi atau kegunaan masker juga bermacam-macam diantaranya:

  1. Menghilangkan jerawat dan bekasnya

  2. Menghaluskan kulit

  3. Mencerahkan wajah

  4. Menghilangkan komedo

  5. Menormalkan kembali kondisi kulit setelah terkena sengatan matahari,

  6. Mengencangkan kulit

  7. Membersihkan kulit wajah sampai ke pori-pori

  8. Mengecilkan pori-pori

  9. Melembabkan wajah

  10. Mengurangi produksi minyak pada wajah

  11. Mengangkat sel kulit mati.


Fungsi masker sebenarnya tergantung dari kandungan bahan pada masker. Untuk itu sebelum menggunakan masker, kita harus mengenal jenis kulit wajah dan masalah yang ada pada kulit wajah kita. Hal ini bertujuan agar kandungan pada masker yang kita pakai tepat sasaran mengobati masalah yang ada pada kulit wajah. Selain itu, kita jadi lebih hemat, karena membeli masker yang memang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah.



Penggunaan masker tidak terbatas usia berapa. Kecuali untuk anak-anak ya. Kulit wajah anak-anak biasanya belum memiliki masalah seperti kulit wajah remaja atau dewasa (kecuali alergi). Sehingga anak-anak tidak dianjurkan untuk menggunakan masker. Batas bawah usia untuk menggunakan masker biasanya dimulai ketika seseorang sudah memasuki usia pubertas. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon yang akan berpengaruh terhadap kulit. Tidak ada batas atas usia untuk menggunakan masker. Mau umurnya 40-an, 50-an, atau 60-an, boleh-boleh saja menggunakan masker. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak ada masalah yang menyebabkan kulitnya menjadi iritasi setelah menggunakan masker.



Penggunaan masker juga tidak terbatas pada gender. Memang biasanya yang melakukan perawatan wajah menggunakan masker adalah perempuan. Tapi bukan berarti laki-laki tidak boleh menggunakan masker ya. Bukan juga berarti laki-laki yang melakukan perawatan wajah menggunakan masker memiliki orientasi seksual yang menyimpang. Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, “masker adalah salah satu perawatan wajah”. Artinya, dengan memakai masker secara berkala, kita merawat dan menjaga kulit wajah kita. Banyak juga lho laki-laki yang memiliki masalah kulit wajah seperti perempuan pada umumnya. Nah, masalah kulit pada wajah biasanya berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri seseorang. Sehingga, wajar saja baik perempuan maupun laki-laki jika melakukan perawatan wajah salah satunya dengan menggunakan masker. Semua orang ingin berusaha tampil sempurna atau minimal agar terlihat rapi dan bersih oleh orang lain. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa hal yang pertama dinilai orang lain terhadap diri kita adalah penampakan dari kepala hingga kaki.



Selain sebagai perawatan wajah, menggunakan masker juga merupakan salah satu cara kita memanjakan diri dari penatnya hidup. Saat mengunakan masker, kita menjadi lebih tenang, rileks, dan nyaman. Hal ini juga bagus untuk kesehatan mental kita lho. Sediakanlah waktu kosong untuk menggunakan masker. Jangan menggunakan masker secara terburu-buru. Saat maskeran-pun usahakan tidak melakukan aktivitas lain. Cukup dengan berbaring di tempat yang nyaman dan memejamkan mata sejenak sampai masker yang kita pakai meresap ke kulit. Selain kulit (fisik) menjadi sehat, mental kita juga jadi sehat.



Jadi, sudahkah kalian maskeran hari ini? :)

bottom of page