top of page

Cuci Muka Harus Bersih!

Kesehatan kulit wajah dimulai dari membersihkan wajah secara teratur, terutama setelah beraktivitas seharian dan menggunakan makeup. Ditulisan kali ini aku mau berbagi tips membersihkan wajah yang aku lakukan. Sebelum membersihkan wajah, hal yang aku lakukan adalah membersihkan tangan. Hal ini sering dianggap sepele, namun sebenarnya sangat penting. Setelah berkegiatan seharian, tangan kita mengandung bakteri. Jika kita sedang tidak beruntung, bakteri itu dapat menyebabkan infeksi pada kulit wajah hehehehe. Oke, langsung aja ke topik utamanya ya, berikut tips dari aku:


1. Bersihkan muka dengan cleansing oil. Tuangkan cleansing oil ke kapas, lalu usapkan perlahan di wajah menggunakan. Cleansing oil berfungsi untuk membersihkan makeup yang bersifat waterproof atau tahan air. Makeup yang biasanya bersifat waterproof adalah eyeliner dan mascara. Kamu dapat menggunakan cleansing oil dari berbagai merk. Kalau aku biasanya pakai minyak zaitun. Jika kamu sudah yakin makeup sudah terangkat, bersihkan sisa makeup menggunakan kapas atau tisu.


2. Setelah membersikan wajah dengan cleansing oil, bersihkan wajah dengan cleansing water. Aku melakukan double cleansing supaya wajah benar-benar bersih. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah biasa yang mengandung air. Ini bertujuan untuk mengangkat sisa makeup yang mungkin masih ada. Kalau aku pakai micellar water, karena micellar water ini tidak mengandung alkohol. Tapi, kalau muka aku lagi beruntusan, aku pake pembersih muka yang mengandung akohol. Alkohol ini berfungsi untuk membunuh bakteri dijerawat supaya tidak terjadi infeksi yang lebih parah. Selain itu, alkohol juga membuat beruntusannya jadi cepat kering. Menurut aku, kamu bisa menggunakan pembersih muka sesuai dengan keadaan kulit wajahmu. Kamu tidak harus terpaku dengan satu pembersih wajah saja.


3. Setelah melakukan double cleansing, aku membersihkan wajah menggunakan cuka apel yang sudah diencerkan. Aku tuang cuka apel secukupnya di kapas, lalu aku usap keseluruh wajah. Cuka apel ini fungsinya sama seperti pembersih wajah yang mengandung alkohol. Yaitu untuk membunuh bakteri. Selain itu, cuka apel juga bermanfaat untuk mengobati jerawat dan bekasnya. Kalau kamu alergi terhadap alkohol, kamu bisa pakai cuka apel sebagai opsi lain. Setelah cuka apel meresap, aku bilas wajah pakai air hangat dan keringkan wajah pakai tisu.


4. Setelah itu, kalau aku lagi ada waktu luang atau kalau lagi sempat, aku biasanya maskeran. Kamu bisa pakai masker favoritmu atau masker yang cocok dengan kulitmu. Aku biasanya pake sheet mask/clay mask dari Innisfree/masker Freeman yang golden grain. Selain masker, kamu juga bisa menggunakan masker yang mengandung scrub atau exfoliate. Kalau aku pake scrub dari Wardah atau Neogen Bio-peel. Kemudian aku bilas sisa maskernya pakai air hangat. Lalu, aku lanjut pakai aloe vera soothing gel. Aku pakai sampai gel-nya meresap, lalu aku bilas pakai air hangat. Kalau aku lagi malas, aku hanya maskeran pakai aloe vera gel aja. Karena membuat sensasi muka adem dan tentunya praktis tinggal dioleskan aja keseluruh muka.


5. Langkah terakhir adalah, cuci muka dengan sabun muka kesayangan kamu. Kalau aku pakai sabun wajah Sebamed. Bilas sisa sabun sampai benar-benar bersih. Lalu aku keringkan wajah pakai tisu.


Oke, begitulah step-step yang aku lakukan untuk membersihkan muka. Kalian tidak harus mengikuti step-step aku ini, karena kebutuhkan kulit wajah tiap orang berbeda. Kamu bisa cari sendiri step-step yang sesuai dengan kondisi kulit wajahmu. Semoga tips ini bermanfaat :)

bottom of page