top of page

Perjalanan Mencari Pelembab Wajah

Setiap orang memiliki kondisi kulit wajah yang berbeda-beda. Ada yang kulit wajahnya normal, berminyak, kering, atau kombinasi. Kebetulan kulit wajahku adalah tipe yang kombinasi. Bagian hidung, pipi, dagu dan kening (antara alis) atau biasa disebut T-zone cenderung berminyak atau kering (tergantung kondisi cuaca dan hormon). Sedangkan bagian wajah lainnya normal. Hal ini kadang membuatku bingung antara apakah dengan kondisi kulitku yang tipe kombinasi ini, aku harus memakai pelembab atau tidak?. Apalagi dibagian T-zone, kalau aku pakaikan pelembab malah akan semakin berminyak. Namun, dalam kondisi tertentu kulit wajahku jadi kering.

Setelah mencari tahu dari berbagai sumber, ternyata bagaimanapun tipe kulit wajah, kita tetap harus memakai pelembab. Karena, kulit wajah butuh nutrisi untuk menyeimbangkan kondisinya dengan cuaca atau dengan kondisi hormon.

Aku sudah mencoba beberapa jenis pelembab dari merk wardah. Diantaranya:

  1. Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Packagingnya berbentuk tube flip top , isinya krim putih, teksturnya agak cair. Selain sebagai tabir surya, produk ini juga bisa untuk melembakan. Namun setelah aku pakai, ternyata efek yang paling aku rasakan adalah produk ini sebagai tabir surya yang cukup bagus. Sedangkan efek melembabkannya tidak terlalu aku rasakan. Buat kalian yang punya aktivitas tinggi di luar ruangan, Wardah Sunscreen Gel SPF 30 bia jadi pilihan tabir surya yang bagus dan harganya terjangkau (Rp.30.000-an).

2. Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel

Packagingnya berbentuk tube flip top, isinya krim putih kehijauan, teksturnya agak cair (lebih cair dari Wardah Sunscreen Gel SPF 30).Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel ini diperuntukkan untuk jenis kulit normal- to oily. Pelembab yang satu ini tidak mengandung tabir surya. Jadi fungsinya hanya sebagai pelembab saja. Setelah aku coba produk ini, muncul jerawat kecil-kecil dibagian kening. Sehingga aku menghentikan pemakaiannya.

3. Wardah White Secret Day Cream


Packagingnya berbentuk tube flip top, isinya krim putih, teksturnya kental. White Secret Day Cream, sesuai dengan namanya, merupakan produk wardah varian skincare yang fungsi utamanya adalah untuk mencerahkan kulit wajah.

Namun, produk ini juga mengandung tabir surya SPF 35 dan juga kandungan untuk melembabkan kulit. Setelah aku mencoba produk ini, memang yang paling terasa adalah kulih wajah jadi lebih bersih dan cerah, namun tidak terlalu signifikan. Hanya saja produk ini membuat kulitku lebih berminyak sehingga ketika siang hari, kulit wajahku malah terlihat lebih kusam. Sehingga aku menghentikan pemakaiannya.


Karena masih penasaran dengan produk Wardah, akhirnya aku pergi ke counter Wardah di Mall Gandaria City. Aku tanya-tanya sama Mba beauty salesnya, dia menawarkan aku untuk mencoba Wardah Perfect Bright Moisturizer yang Cantik Cerah Merona.


Wardah Perfect Bright Moisturizer adalah pelembab wajah sekaligus pencerah dengan 7 white actives yang berfungsi agar wajah terasa lebih halus, lembut, dan cerah merona sejak pertama kali pemakaian. Kandungan utama dalam Wardah Perfect Bright Moisturizer ini adalah Skin Lightening System 7 White Actives, teruji dapat membantu mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat. 3 kandungan utamanya adalah :


  1. Vitamin B3, agar kulit terasa lebih halus dan tampak cerah natural.

  2. SPF 28, untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi dari lingkungan.

  3. Brightening Powder, untuk kulit cantik cerah sejak penggunaan pertama.

Pertama kali coba Wardah Perfect Bright Moisturizer, teksturnya berupa krim putih tidak sekental Wardah White Secret Day Cream namun tidak terlalu cair juga. Sesuai dengan yang tertulis dikemasannya efek setelah pemakaian yaitu menjadikan kulit terlihat cerah seketika. Krimnya juga cepat meresap dan tidak menyisakan rasa lengket. Seharian aku pakai tidak membuat kulit aku kering dan berminyak. Selain itu, tidak membuat kulit wajahku kusam. Selain itu, Wardah Perfect Bright Moisturizer tidak menimbulkan jerawat atau efek samping lainnya dikulit wajahku. Sampai hari ini sih aku sudah habis satu tube, dan aku sudah re-purchase. Harganya sangat terjangkau yaitu Rp.26.500 di counter Wardah di Mall. Aku re-purchase di Guardian karena sedang diskon 20% hehe. Aku re-purchase bukan karena diskon ya, tapi karena memang merasa cocok dengan produknya.

Sekian review perjalananku dalam mencari pelembab wajah yang cocok dengan kulit wajahku dan tentunya dengan isi dompetku juga hehehe. Memang dalam mencari produk yang cocok dan sesuai harus trial and error. Selain menyiapkan budget, kita juga harus sabar saat mencoba produk dan menunggu hasil dikulit wajah dan efek samping setelah pemakaian. Semoga bermanfaat :)

bottom of page